DAMPAK

Dampak ekonomi yang SOBI berikan dalam pengembangan bisnis secara berkelanjutan pada manajemen sumber daya alam mencakup aspek sistem, efektivitas, dan produktivitas.

SISTEM

SOBI memberikan peluang bagi pemilik hutan rakyat untuk memaksimalkan kesempatan pasar melalui penerapan sistem yang memudahkan proses sertifikasi produk hasil hutan (FSC). Sistem ini menyediakan bantuan teknis dan pengadaan audit internal yang dibutuhkan dalam memperoleh sertifikasi yang jauh lebih efisien dari segi biaya.

Pasokan dan tuntutan kebutuhan bagi kayu bersertifikasi FSC di Indonesia meningkat sebanyak 2,4 kali lebih banyak dibandingkan dengan kayu reguler. Kayu bersertifikasi ini memberikan pemasukan lebih baik bagi komunitas karena persentase kenaikan harga beli di pasar bersertifikasi FSC berkisar 21 – 46%. SOBI memfasilitasi akses pasar lebih luas bagi kayu yang bersertifikasi lestari.

EFEKTIVITAS

Operasional SOBI yang lebih efisien telah mengurangi hingga 80% waktu dalam proses registrasi, inventarisasi, dan pemrosesan dokumen panen.

PRODUKTIVITAS

Selama 6 bulan menjalankan kegiatan penjualan, SOBI telah mempergunakan 81% jatah tebang tahunan untuk menerapkan skema penanaman pohon kembali yang lebih efisien sehingga tuntutan ekonomi dan prinsip pengolahan sumber daya alam secara berkelanjutan tetap terpenuhi.