KEHUTANAN

PANGGILAN KEPADA PEMBELI

Apakah Anda merupakan salah satu dari produsen furnitur, pengusaha yang bergerak di bidang makanan dan minuman, atau konsumen eceran yang membutuhkan pasokan kayu dalam jumlah banyak dari sumber terpercaya dan berkelanjutan untuk memenuhi keberlanjutan bisnis Anda?


Solusi SOBI untuk menyediakan kayu bersertifikasi (diproses sebagian dalam bentuk log dan papan blok maupun keseluruhan) akan mengantisipasi kebutuhan terkini Anda.

TUNTUTAN PASAR PADA KAYU SOBI

SOBI menerima pasokan kayu dalam jumlah banyak dari koperasi berbasis komunitas KWLM (Koperasi Wana Menoreh Lestari) di Kulonprogo Yogyakarta dan KHJL (Koperasi Hutan Jaya Lestari) di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Koperasi akan menyuplai konsumen dengan jenis produk kayu yang berbeda melalui penerapan metode pembelian tertentu.

a. Kayu FSC (jati, mahogani, albizia, dan rosewood) dijual ke perusahaan furnitur dengan sertifikasi FSC dan rantai pengawasan (CoC) dalam bentuk kayu yang tidak diproses (log). Koperasi akan membuat kontrak dengan perusahaan dengan merinci hal berikut:

  • Volume yang dibutuhkan (m3)
  • Waktu pengiriman (s)
  • Jenis, panjang, diameter, dan kluster kayu (super/non-super)
  • Jumlah pembayaran di muka (cicilan pertama) dan penjadwalan dari sisa pembayaran
  • Bagaimana pemilihan (grading) dilakukan

Kemudian, dari dokumen tersebut, pesanan pembelian (purchase order) akan diturunkan, dengan volume atau waktu pengiriman (mingguan atau bulanan) tertentu yang disesuaikan dengan kondisi aliran masuk kas dari koperasi dan pembeli.

b. Kayu Non-FSC akan dijual dalam bentuk log atau papan/blok yang telah diproses. Untuk kayu yang diproses sebagian, koperasi menjual kayu untuk keperluan material bangunan (atap, jendela, pintu) kepada toko kecil. Pembayaran penuh dilakukan pada saat pengiriman.