TENTANG KAMI

Pentingnya prinsip berkelanjutan dalam aspek pengolahan sumber daya alam harus dipandang sebagai suatu instrumen untuk menjaga biodiversitas biologi dan meningkatkan konsep kehidupan dasar dengan mengedepankan keseimbangan cadangan sumber daya alam. Akan tetapi, manajemen pengolahan sumber daya alam yang berkelanjutan sulit diadopsi ketika komunitas dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya masih menghadapi masalah ekonomi dan kesulitan operasional. Dalam banyak kasus, komunitas hutan di Indonesia masih menerapkan prinsip pengolahan hutan yang tidak berkelanjutan dan mengeksploitasi potensi alam yang mengandung biodiversitas ekologi.

Berdasarkan data FSC (Forest Stewardship Council), dari total luas 1,5 juta hektar lahan hutan komunitas di Indonesia, hanya 0,12% dari total lahan tersebut yang diolah secara berkelanjutan mengikuti standar FSC.

Masalah pengolahan sumber daya alam secara tidak tepat ini telah menjalar ke dalam permasalahan yang lebih kompleks yang melibatkan kesejahteraan komunitas dan daya dukung lingkungan. Semenjak komunitas lokal tidak memperoleh perlindungan resmi dalam bentuk jaminan bagi ketetapan tuntutan pasar dan harga jual bagi produk hasil alam, mereka terkadang menjadi korban ketidakadilan dalam perdagangan pasar yang menempatkan harga rendah pada produk yang dijual. Selain itu, posisi tawar-menawar yang lemah untuk mendapatkan untung beserta akses terbatas pada metode pengolahan hutan modern menyebabkan perencanaan dan pengoperasian hutan berjalan tidak efisien sehingga bisnis akan sulit dikembangkan ke dalam skala yang lebih besar. Oleh karena itu, suatu solusi holistik dibutuhkan melalui pendekatan keterlibatan komunitas dalam mengadopsi dan menerapkan suatu pengolahan hutan secara berkelanjutan.

SOBI hadir untuk menyediakan solusi holistik jangka panjang dalam penyediaan akses pasar secara berkelanjutan bagi produk hasil alam dengan berperan sebagai konsolidator pasar dan menawarkan modal khusus bisnis berbasis komunitas. SOBI memberikan akses harga pasar bernilai lebih tinggi dengan tetap memastikan bahwa upaya keberlanjutan hutan dilakukan memenuhi standar FSC. SOBI menjamin kemakmuran komunitas terangkat dengan tetap memperhatikan bahwa pengolahan sumber daya alam dilakukan secara berkelanjutan baik dari sisi ekonomi maupun sosial.


Misi kami adalah mengaplikasikan pendekatan bisnis dan kekuatan pasar untuk memachkan masalah sosial dan lingkungan berdasarkan 2 prinsip: pembagian kepemilikan dan management sumber daya alam berkelanjutan

Kami bercita-cita untuk menjadi wirausaha sosial berbasis komunitas terbesar yang bergerak di bidang manajemen sumber daya alam berkelanjutan di Asia Tenggara pada tahun 2030.